Wednesday, November 5, 2014

Tanda Tanda Awal Kehamilan

Kehamilan adalah sebuah priode dimana seorang wanita membawa embrio didalam rahim. Bagi pasangan suami istri yang telah menikah inilah yang saat di damba-dambakan yaitu masa kehamilan,
Kehamilan menandakan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang baik dan halini juga tidak menandakan bahwa mereka tidak memiliki masalah kesehatan.  Banyak Para perempuan menilai bahwa tanda-tanda kehamilan hanya melihat dari satu sisi saja, yaitu terlambat datangnya menstruasi. Namun terlambat datangnya menstruasi ini juga bukan hanya di sebabkan oleh kehamilan, banyak hal yang mempengaruhi antara lain, pola makan yang tak teratur, stres, kecapekan, adanya ganguan hormon dsb.





Untuk menambah pengetahuan dan rasa penasaran anda tentang tanda-tanda kehamilan, berikut akan saya ulas beberapa tanda-tanda wanita kehamilan bagi wanita.

1. MUAL DAN MUNTAH

Sekitar 15% wanita hamil akan mengalami mual dan muntah karna di picu oleh peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Peningkatan hormon juga terjadi pada saluran air kencing, mangkanya media alat tes pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, peningkatan hormon ini akan meningkatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual, rasa mual ini biasanya akan terjadi saat memasuki kehamilan trimester kedua,
Mual dan muntah biasnya akan terjadi pada pagi hari, namun kenyataanya halini dapat terjadi pada siang dan malam hari juga.  hal ini terjadi apabila si ibu mencium wewangian atau bau tertentu.



2. TERJADI PERUBAHAN PADA PAYUDARA

Bukan hanya perut yang besar ketika seorang ibu mengalami kehamilan, Namun beberapa daerah lain seperti bokong, paha, dada, serta lengan biasanya akan mengikuti pembengkakan.
Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Selain itu kondisi payudara juga akan semakin lembut, halini akan menambah rasa sensitif yang lebih tinggi hingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang, Puting susu membesar pula dan warnanya semakin gelap, kadang juga terasa gatal, pembulu vena pada payudara juga akan terlihat karna penegangan payudara, selain itu juga terjadi Hormon HPL ( Human Placental Lactogen ) Hormon tersebut diproduksi oleh tubuh saat ibu mengalami kehamilan untuk mempersiapkan ASI bagi bayi.

3. SERING BUANG AIR KECIL

Saat hamil janin yang tumbuh didalam rahim akan menekan kandungan kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Walaupun buang airkecil ini sering jangan smpai membatasinya atau menahannya, dan hindari dehedrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan pada tubuh , hal ini di sebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

4. TERLAMBAT DATANG BULAN

Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan, Namun tak semua telat datang bulan bisa di katakan hamil, anda bisa saja telat datang bulan di sebabkan karna stres, diet atau adanya ganguan pada hormonlain, selain itu beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan atau spotting ( timbul bercak darah ) untuk memperjelas segera konsultankan masalah tersebut pada dokter.

5. PERUBAHANN MOOD

Pada wanita hamil prubahaan mood akan terjadi dan berubah-ubah, bisa saja di satu waktu anda sangat merasa bahagia, senang. Namun pada beberapa waktu kemudian anda jadi marah pada suami hanya karna masalah spele. Tak perlu khawatir karna ini normal, mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh anda, itu terjadi karna tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

6. MUNCUL BERCAK DARAH ATAU FLEK YANG DIIKUTI KERAM PERUT

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadi ovulasi. Bercak darah disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim, munculnya bercak darah pada rahim sering disalah artikan sebagai menstruasi.

Selain itu keluarnya bercak darah di ikuti dengan keram perut, keram perut pada masa kehamilan akan teratur terjadi, dan kondisi keram perut ini akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester ke dua, smpai letak uterus posisinya berada ditengah dan disanga oleh perut.

7. NGIDAM 

Tanpa alasan yang jelas anda mendadak anda menginginkan makanan tertentu, makanan seperti buah manga misalnya dsb

8. GEJALA PMS

Gejala Pms anda akan merasakannya setiap bulan seperti Perut kembung, Sakit pingang, Nyeri pada payudara, Nafsu makan meningkat tapi belum datang bulan juga.

9. POSITIF TES KEHAMILAN


Hasil uji tes pack menunjukkan hasil positif. apakah anda hamil belemtentu , anda harus meyakinkan diri dengan USG.







10. ADA JANIN DALAM RAHIM ANDA

Pemeriksaaan USG menunjukkan titik titik kecil yang bergerak dalam kandungan kehamilan ,

Karna perjalanan panjang kehamilan 9 bulan kedepan perlu dikawal dengan pengetahuan kehamilan yang baik. Karna tentunya Kehamilan yang sehat kelak akan menghasilkan Buah hati berkualitas yang di dambakan oleh semua orang tua. Bagi anda yang sedang mengalami kehamilan saya ucapkan selamat, semoga kelak anak anda akan bertumbuh besar dan akan menjadi anak yang membangakan kedua orang tuanya, tentunya kita tak lupa juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa , semoga posring kali ini bisa bermanfaat bagi anda.



EmoticonEmoticon