Thursday, October 30, 2014

Budaya Indonesia yang Mendunia

Tags

Indonesia tidak hanya terkenal dengan pesona alam nya yang kita ketahui sangat-sangat indah, selain keindahan alamnya yang memukau Indonesia juga Merupakan negara yang memiliki kebudayaan yang beragam. Keanekaragaman budaya inilah yang membuat indonesia menjadi salah satu Negara yang cukup diperhitungkan di mata dunia.


   Bahkan, tidak jarang pula wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tanah air untuk menikmati budaya indonesia yang unik, dan menarik. selain mengenal budaya indonesia para wisatawan mancanegara juga mempelajari lebih dalam lagi tentang budaya indonesia.
  
  Berikut Ini Beberapa Budaya indonesia yang mendunia

1. Batik



Batik sendiri sebenarnya tidak hanya identik sebagai kain atau pakaian yang mengunakan motif-motif yang di buat melalui pewarnaan teknik tradisional. teknik pembuatan warna motif batik tersebut mengunakan warna alami, dan alat canting pada kain berserat alami, hinga saat ini batik terus mengalami perkembangan, baik dari motifnya maupun cara pembuatannya.Perjuangan indonesia untuk mendapatkan pengakuan dunia atas batik sebagai warisan budaya asli indonesia tidak sia-sia. UNESCO di pastikan akan mengukuhkan budaya batik salah satu warisan dunia asli Indonesia.

2. Angklung


Adalah salah satu alat musik yang berasal dari jawa barat, alat musik ini terbuat dari bambu di bunyikan dengan cara di goyangngkan bunyi disebabkan oleh benturan benda yang berbentuk pipa bambu. sehingga menimbulkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2,3 smpai 4 nada setiap ukuran baik besar maupun kecil. Dictionary of the sunda language karya jonathan rigg, menuliskan bahwa angklung alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang di potong ujungnya menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ. Dan diikat dalam satu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi manusia dari UNESCO sejak november 2010


3. Reog Ponorogo



Reog adalah salah satu budaya yang berasal dari jawa timur, Gerbang kota ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, reog adalah salah satu budaya di indonesia yang masih sangat kental akan kekuatan-kekuatan gaib, ilmu kebatinan dan mistik. Akan tetapi reog adalah warisan dari budaya indonesia yang harus kita pertahankan.



4. Wayang


Wayang adalah seni pertunjukkan asli indonesia yang berkembang pesat di pulau jawa dan bali,pada 7 November 2003 UNESCO menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor di indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur ( masterpiece of oral and intangible heritage of humanity.




5. Tari Saman 

Tari saman adalah sebuah tarian dari suku gayo yang biasanya di tampilkan dalam acara pristiwa penting dalam adat. Tarian ini juga ditampilkan dalam merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tarian ini berasal dari aceh pendirinya yaitu Sykeh Saman seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. UNESCO menetapkan tari saman sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda warisan manusia 24 November 2011.


6. Tari Pendet

Tari pendet pada awalnya adalah tari pemujaan yang banyak di peragakan di pure, tempat ibadat umat hindu di bali . Tari putri ini memilii gerakan yang dinamis. Tarian ini diajarkan sekedar mengikuti gerakan dan jarang di lakukan di banjar-banjar.





Sebenarnya masih banyak lagi budaya indonesia yang mendunia tapi kali ini saya cukupkan sekian saja,, semoga postingan ane bermanfaat bagi pembaca, dan Mari kita jaga dan pertahankan Warisan Indonesia ini, kalau bukan kita siapa lagi,,, jangan sampai Budaya kita di klaim oleh negara lain.  





EmoticonEmoticon